Label

Senin, 21 November 2011

BAHAYA KEPUTIHAN AKIBAT INFEKSI BAGI KEHAMILAN

Banyaknya perubahan yang terjadi saat hamil karena pengaruh hormon, seperti estrogen. Bumil akan mengalami peningkatan pengeluaran cairan vagina lebih dari biasa. Orang awam biasa menyebutnyakeputihan. Di bahasa Kedokteran disebut fluor albus atau leukore adalah cairan yang keluar dari vagina / liang kemaluan secara berlebihan.
Keputihan Normal dan Abnormal Selama Kehamilan

Keputihan pada bumil dikatakan normal / fisiologis jika cairan yang keluar bertekstur encer, berwarna bening atau putih susu, tidak berbau, tidak menyebabkan gatal. cairan ini biasanya meningkat dengan bertambahnya usia kehamilan. kondisi ini akan hilang dengan sendirinya begitu sikecil lahir. jadi, anda tidak perlu khawatir.

Keputihan dikatakan tidak nomal bila cairan keputihan berubah warna menjadi kuning kehijauan, putih bergumpal, berbau, menimbulakan rasa gatal. Penyebab dari keputihan yang terbanyak adalah infeksi jamur ( kandidiasis) 52,8%, sisanya adalah infeksi vaginosis 39 %, trikomoniasis 3,7%, dan gonorroe 1,2 %.
Bahaya Keputihan Abnormal akibat Infeksi selama kehamilan;.
  • Infeksi chlamydia dapat menyebabkan terjadinya keguguran, pecah selaput ketuban dini/sebelum waktunya (persalinan prematur ). Infeksi ini bisa berakhir pada kematian pada ibu dan anak bila tidak ditangani dengan benar dan segera.
  • Infeksi virus herpes Simplex dapat menyebabkan radang pada otak bayi (ensepalitis).
  • Infeksi jamur candida dapat meningkatkan resiko terjadinya ayan (epilepsi)
  • Infeksi virus HPV dapat menyebabkan terjadinya papiloma laring pada bayi yang meyebabkan gangguan pencernaan bayi hingga kematian
  • infeksi  bakteri Neisserea Gonorrhoeae dapat menyebabkan infeksi pada mata bayi hingga terjadi kebutaan
TIP ATASI KEPUTIHAN BAGI BUMIL:
  1. Selalu menjaga kebersihan daerah kemaluan dengan baik
  2. Bersihkan dan keringkan selalu kemaluan setiap habis buang air kecil dan besar
  3. Arah basuh dilakukan dari arah depan kebelakang. Sebab hal ini efektif untuk menanggulangi infeksi  dari mikroorganisme yang berasal dari dubur
  4. Bila celana basah dan lembab ( karena wanita hamil menjadi lebih sering buang air kecil) maka gantilah dengan celana yang bersih dan kering
  5. Pakailah celana dalam yang terbuat dari katun sehingga mudahmenyerap keringat.
  6. Tidak disarankan menggunakan pembersih vagina yang bersifat antiseptik, bersihkan vagina dengan air mengalir yang bersih tanpa perlu memasukan cairan pembersih vagina keliang vagina.
  7. Bila menemukan keputihan yang berbau, berwarna , dan gatal serat putih menggumpal, konsultasikan segera ke dokter terdekat atau spesialis kandungan sehingga dokterdapat menilai adanya kemungkinan infeksi dan dapat ditangani sedini mungkin.
  8. Khusus untuk keputihan akibat infeksi , maka pasangan seksual penderita pun harus diperiksa dan diobati , hal ini agar tidak terjadi fenomena pingpong yaitu penularan timbal balik suami isrtri. Dan diharapkan selama keputihan berlangsung, untuk tidak melakukan hubungan intim sementara waktu.

1 komentar:

santi mengatakan...

obat Obat Keputihan apa yang bagus dan aman

[url=http://www.myniceprofile.com/picture-comments-8774.html][img]http://i.myniceprofile.com/87/8774.gif[/img][/url]