Label

Rabu, 28 Maret 2012

AKIBAT MARAH- MARAH


Penelitian menunjukkan orang yang memiliki ‘musuh’ atau sering memarahi orang lain cenderung mengalami gejala gangguan pencernaan, sakit kepala, dan juga nyeri punggung.

Dalam penelitian terhadap 71 orang terungkap efek langsung dari kemarahan.
"Ketika para responden fokus pada hal-hal yang tak termaafkan, tekanan darah mereka naik, demikian juga dengan detak jantung," kata Charlotte vanOyen Witvliet, kandidat profesor psikologi dari Hope College, seperti dikutip WebMD.

Marah merupakan suatu sifat yang tidak baik, karena dilihat dari efek terhadap yang ditimbulkan tidaklah baik bagi kesehatan dan akan menurunkan tingkat kebahagiaan kita. Bila kita marah, maka akan mengakibatkan jantung kita berdetak kencang dan darah akan mengalir ke kepala, sehingga orang yang marah dapat terlihat dari mimik wajahnya yang menjadi merah padam.

Secara ilmu kesehatan, bahwa tindakan marah adalah suatu kegiatan yang tidak baik bagi kesehatan. Biasanya orang akan menghubungkannya dengan adanya penyakit darah tinggi pada diri seseorang, yaitu yang seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi cenderung sebagai seorang pemarah.

Pada saat marah, jantung kita dipacu untuk bernafas dengan cepat, karena jatung harus menyuplai darah ke otak. Apabila saat yang bersamaan kita mempunyai penyakit kolesterol, maka akan ada pembuluh darah yang tersumbat, maka hal tersebut bisa menimbulkan stroke.

Marah juga akan menjadikan kita cepat tua, karena pada saat marah, akan berdampak pada kulit muka, karena pada saat marah raut muka kita akan mengerutkan wajah dan apabila sering terjadi, maka kulit muka kita akan ada kerutan-kerutan di wajah kita. Sehingga orang pemarah akan lebih terlihat cepat tua dari umur biologisnya.

Selain itu pula pada saat marah, jantung kita dipacu secara mendadak dan cepat untuk memompa darah secara tiba-tiba. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan jantung. Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang terpenting yang ada di dalam tubuh manusia, karena apabila jantung kita bermasalah, maka sirkulasi darah keseluruh tubuh tidak akan normal. Selain itu pula, apabila dalam pembuluh-pembuluh darah kita terdapat penyumbatan pembuluh darah, maka kerja jantung akan semakin berat.

Kita harus berusaha memaafkan dan melupakan sesuatu hal masalah jangan sampai itu kita bawa ke dalam hati dan akhirnya kita memendam kemarahan. Marah juga sebagai akibat dari pikiran dan perasaan yang negative dari diri kita, sehingga berakibat kepada reaksi kimiawi yang ada dalam tubuh yang dapat mengganggu kesehatan kita. Apabila marah, maka diri kita menjadi tidak bahagia, dan begitu pula orang-orang yang berada disekitar kita tidak merasa suka akan situasi tersebut.

Penelitian juga menunjukkan orang yang sudah mampu memaafkan mengaku berbagai gejala gangguan kesehatan tersebut berkurang. Sikap memaafkan ternyata membantu menurunkan tekanan darah, menguatkan sistem imun, dan menurunkan sirkulasi hormon stres dalam darah.

Tidak ada komentar:

[url=http://www.myniceprofile.com/picture-comments-8774.html][img]http://i.myniceprofile.com/87/8774.gif[/img][/url]