Label

Minggu, 21 September 2008

Jelaskan informasi tentang mitokondria, lisosom, reticulum endosplasmik, badan golgi, dan sentriol

Mitokondria merupakan organel dalam sel yang bertindak sebagai respirasi yang dapat mengubah glukosa dan substansi lain menjadi energi yang dibutuhkan oleh sel. Semakin banyak kegiatan sel semakin banyak pula mitokondria yang dimiliki. Mitokondria hanya terdapat pada sel eukariotik.

Lisosom adalah struktur yang agak bulat yang di batasi membrane tungal. Lisosom dihasilkan badan golgi yang penuh dengan protein berisikan kira-kita tiga lusin macam enzim hidrolitik. Enzim yang mencernakan polisakarida, lipit, fosfolipid, asam nuklead, dan protein semuanya tersedia. Lisosom juga berperan penting dalam matinya sel-sel. Bila sel luka atau mati lisosomnya membantu dalam menghancurkannya. Hal ini bermanfaat sekali sehingga sel sekat dapat menggantikan yang rusak tadi. Kematian sel merupakan tingkatan yang penting dalam daur hidup beberapa organisme.

Reticulum endoplasmic adalah system membrane kompleks yang tersusun tidak beraturan, membentuk jaringan-jaringan kerja. Reticulum endoplasmic merupakan saluran-saluran yang menghubungkan dengan nucleus. Reticulum endoplasmic di bagi menjadi 2 yaitu reticulum endoplasmic kasar yang banyak terdapat ribosom dan reticulum endoplasmic halus yang terbebas dari ribosom. Tetapi keduanya berperan penting dalam sintesis dan transporasi protein.

Badan golgi dijumpai pada semua hewan. Terdiri dari setumpuk saku pipih yang dibatasi membrane. Protein yang disintesis oleh reticulum endoplasmic kasar dipindahkan kedalam badan golgi. Disini karbohidrat tambahan dapat dibubuhkan kepadanya. Protein yang ada terkumpul didalam saku-saku sampai penuh. Saku-saku tersebut dapat berpindah kepermukaan sel dan mengeluarkan isinya ke bagian luar. Saku-saku yang lain pada badan golgi dapat disimpan didalam sel sebagai lisosom.

Sel hewan dan sel beberapa organisme dan tumbuhan tingkat rendah mengandung dua sentriol yang terdapat dalam sitoplasma di dekat permukaan sebelah luar nukleusnya. Setiap sentriol terdiri atas sebaris silnder sebanyak sembilan mikrotubula. Akan tetapi, setiap mikrotubul tadi mempunyai dua bagian yang terikat padanya. Kedua sentriol biasanya berhadapan dengan sudut tegak lurus. Sejenak sebelum sel membagi diri, sentriolnya berduplikasi dan satu pasang berpindah ke sisi berlawanan pada nucleus.

Tidak ada komentar:

[url=http://www.myniceprofile.com/picture-comments-8774.html][img]http://i.myniceprofile.com/87/8774.gif[/img][/url]